Rabu Ingin Tahu Bahas PAW Anggota DPRD

Rabu Ingin Tahu Bahas PAW Anggota DPRD

KPU Kabupaten Grobogan menjadi salah satu peserta pada program Rabu Ingin Tau(RIT) Episode 17 yang diselenggarakan secara daring oleh KPU Provinsi Jawa Tengah. Diskusi online yang diikuti oleh KPU Kabupaten/ Kota se Jawa Tengah melalui Zoom Meeting dan live streaming di channel Youtube KPU Jateng ini menghadirkan narasumber dari KPU RI yaitu Nur Syarifah selaku Kepala Biro Perundang-Undangan dan Plt. Kepala Biro Teknis Penyelenggaraan Pemilu Sekjen KPU.

Dalam sambutannya, Yulianto Sudrajat menyampaikan bahwa KPU sebagai penyelenggara Pemilu dituntut untuk bekerja secara profesional baik dalam masa tahapan atau setelah tahapan berakhir sebagai contoh adalah melaksanakan proses Penggantian Antar Waktu atau disebut dengan PAW. Beliau meminta agar KPU Kabupaten/ Kota menyimak dan memperhatikan dengan baik diskusi ini sebagai sharing dinamika PAW yang terjadi di beberapa daerah, karena pengalaman adalah hal yang paling berharga untuk dijadikan sebagai evaluasi dan pembelajaran bagi kita semua.

Selanjutnya kegiatan yang dimoderatori oleh Dewantoputra Adhi Permana, Kabag Hukum, Teknis, dan Hupmas KPU Provinsi Jawa Tengah juga menghadirkan Putnawati, Divisi Teknis KPU Jawa Tengah, sebagai pemantik diskusi. Lebih lanjut Putnawati menyampaikan maksud dan tujuan diselenggarakannya diskusi PAW ini. Beliau menegaskan bahwa profesionalisme sangat penting, maka proses PAW harus clean and clear sesuai peraturan perundang-undangan.

Nur Syarifah yang akrab disapa Bu Inung selanjutnya menjelaskan secara lengkap bagaimana Mekanisme dan Kebijakan PAW DPRD Provinsi dan DPRD Kab/ Kota. Untuk mempermudah proses PAW, KPU sudah menyediakan Aplikasi SIMPAW yaitu Sistem Informasi Manajemen PAW DPR, DPD dan DPRD. Simpaw memiliki 2(dua) fungsi yaitu sebagai alat pengola data dan juga sebagai portal publikasi sehingga proses PAW akan menjadi data yang terbuka bagi publik.

Suwiknyo sebagai anggota KPU Kabupaten Grobogan Divisi Teknis sangat mengapresiasi atas diangkatnya topik “PAW Anggota DPRD” ini. Karena dapat memberikan tambahan ilmu dan pengetahun bagi KPU Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan PAW, agar peoses PAW yang akan dijalankan oleh KPU Kabupaten/Kota dapat berjalan lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *