KPU Grobogan Buka Pendaftaran Relawan Demokrasi

KPU Grobogan Buka Pendaftaran Relawan Demokrasi

GROBOGAN – Komisi Pemilihan Umum Grobogan membuka kembali pendaftaran relawan demokrasi dalam rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Grobogan 2020. Pendaftaran relasi ini dibuka mulai 22-26 Agustus 2020. Hal itu dibenarkan komisioner KPU Grobogan, Ngatiman.

Pria yang menjabat bagian Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM ini menjelaskan, relawan demokrasi 2020 ini merupakan gerakan sosial untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih pada Pilbup Grobogan 2020 ini.

“Dengan harapan para relawan demokrasi ini dapat menjadi pelopor di basisnya masing-masing dalam upaya pemenuhan kualitas dan tingkat partisipasi pemilih dalam Pilbup Grobogan tahun 2020,” jelas Ngatiman.

Ada delapan basis dalam pembentukan relawan demokrasi ini, yaitu basis keluarga, basis keagamaan, basis pemula, basis pemilih muda, basis perempuan, basis komunitas, basis warganet dan basis penyandang disabilitas. Bagi yang berminat, Ngatiman menjelaskan prosedur pendaftaran Relawan Demokrasi 2020 ini.

“Pendaftaran bisa dilaksanakan pada 22-26 Agustus 2020 dengan mengumpulkan persyaratan. Kemudian, pada 27 Agustus 2020 dilakukan pengumuman bagi yang lolos pada tahap verifikasi berkas.”

“Tanggal 28-29 Agustus 2020 tahap wawancara. Bagi yang lolos dalam tahap ini, pada 30 Agustus 2020, namanya akan diumumkan,” jelas ayah dua anak ini.

Ia juga menjelaskan, jumlah relawan demokrasi 2020 ini disiapkan 38 personel. Dimana, masing-masing basis akan dioptimalkan dengan 4-5 personel sesuai dengan kebutuhan masing-masing basis.

Sesuai Target

Dalam mekanisme kerja Relawan Demokrasi 2020, para relawan diharapkan dapat meningkatkan angka partisipasi pemilih sesuai dengan target RPJM dan KPU RI. Ngatiman menjelaskan, jika mengaca pada kinerja para relawan dalam Pemilu Legislatif 2019 lalu, tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Grobogan 78,7 persen dari target RPJM dan KPU RI 77,5 persen.

“Kami berharap pada Pilbup Grobogan 2020 ini peran serta para relawan demokrasi bisa membantu mencapai tingkat partisipasi pemilih lebih dari target seperti tahun sebelumnya,” tambahnya.

Untuk persyaratan bagi yang berminat dapat dilihat di laman resmi KPU Grobogan di kpud-grobogankab.go.id atau akun resmi FB, twitter dan instagram KPU Grobogan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *