Rapat Koordinasi Virtual Divisi Hukum

Rapat Koordinasi Virtual Divisi Hukum

Purwodadi, 5 Mei 2020. Komisioner KPU Kabupaten Grobogan Divisi Hukum & Pengawasan MP Joko Widodo melakukan Rapat Koordinasi  Divisi menggunakan aplikasi Zoom Meeting pada pukul 10.00 WIB. Rapat Koordinasi Divisi dipimpin oleh Komisioner KPU Provinsi Jawa Tengah Divisi Hukum & Pengawasan Muslim Aisha. Pada kegiatan ini dihadiri oleh Komisioner KPU Kabupaten/Kota Divisi Hukum & Pengawasan se-Provinsi Jawa Tengah.

Muslim Aisha  menyampaikan bahwa rapat koordinasi ini bertujuan selain mengetahui perkembangan kegiatan yang sedang dan telah dilaksanakan oleh 35 KPU Kabupaten/Kota melalui WFH (Work from Home) dan piket kantor pada bulan puasa selama pandemi berlangsung, beliau juga menegaskan agar tetap waspada terhadap perkembangan pandemi Covid-19 yg terjadi di wilayah KPU Kabupaten/Kota masing-masing.

Selain itu juga dilakukan pembahasan usulan draft Perpu Tentang Pemilu Dan Pemilihan, dari usulan ada 3 hal pokok yang substansinya menjadi penting; pertama, Pasal 122 masyarakat  menghendaki ketegasan kewenangan KPU sehingga  eksistensi kelembagaannya tidak tergantung lembaga lainnya. Kedua, Pasal 166 mengenai anggaran agar kalau ada kekurangan dana Pilkada dapat ditanggung APBN. Ketiga, Pasal 201 berkaitan dengan hari pelaksanaan pemungutan paling lambat bulan September  2021 (justru memberikan kelonggaran kepada KPU untuk mengkonsolidasikan diri pasca Covid 19). Diharapkan bahwa KPU diberi keleluasaan menentukan hari H tanpa melalui kesepakatan bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *