Rapat Sinkronisasi Penyempurnaan DPTHP-2 Pemilu 2019

Rabu, 5 Desember 2018 KPU Kab. Grobogan mengadakan Rapat Sinkronisasi Penyempurnaan DPTHP-2 yang dihadiri oleh Kepala Dispendukcapil Kab. Grobogan, Anggota Bawaslu Kab. Grobogan, Ketua Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2019 tingkat Kab. Grobogan juga Ketua dan Anggota Divisi Mutarlih PPK Pemilu 2019.

Rapat Sinkronisasi kali ini dibuka oleh Bapak Agung Sutopo, S. Pi selaku Ketua KPU Kab. Grobogan dan pada saat pembacaan Berita Acara Rekapitulasi Penyempurnaan DPTHP-2 tingkat kecamatan dipandu oleh Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Bapak Muhammad Machruz, ST. Pembacaan dimulai dari Kecamatan Kedungjati dan diakhiri Kecamatan Tanggungharjo.

Pada kesempatan ini Kepala Dispendukcapil juga menghimbau kepada para hadirin  untuk membantu proses perekaman KTP elektronik dengan cara mengajak orang-orang terdekat mereka yang belum melakukan perekaman KTP elektronik untuk segera melakukan proses perekaman sebelum tanggal 31 Desember 2019. Jika hingga batas waktu tersebut belum melakukan perekaman maka dikhawatirkan data kependudukan warga yang bersangkutan akan dinonaktifkan.

Rapat sinkronisasi ini merupakan salah satu bentuk usaha untuk menyempurnakan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan-2 (DPTHP-2) semenjak ditetapkan dalam rapat pleno KPU RI tgl 15 November 2018 , dimana keputusan dalam rapat pleno tersebut adalah memperpanjang waktu penyempurnaan DPTHP-2 hingga 30 hari. Berbagai rekomendasi telah diperoleh oleh KPU Kab. Grobogan, seperti :

  1. Rekomendasi pemilih ganda, pemilih dengan data rusak dan pemilih berusia diatas 70 tahun yang berasal dari Bawaslu RI;
  2. Rekomendasi pemilih AC (non KPT elektronik) dan pemilih ganda dengan luar negeri dari KPU RI;
  3. Rekomendasi pemilih tidak memenuhi syarat (meninggal, ganda, pindah domisili dll) dari Bawaslu Kab. Grobogan

Disamping data rekomendasi yang harus ditindaklanjuti, self assesment terhadap DPTHP-2 juga dilakukan oleh jajaran KPU Kab. Grobogan, PPK dan PPS Pemilu 2019. Semua data tersebut nantinya akan terangkum dalam bentuk Rekapitulasi Penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan-2, yang akan disahkan pada Rapat Pleno KPU Kab. Grobogan esok tanggal 10 Desember 2018.

 

 

About Mbak Kiki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *