KPU Grobogan Sosialisasikan Tahapan Calon Perseorangan Pilgub Jateng 2018

KPU Grobogan mengelar sosialisasi tahapan dan persyaratan pencalonan perseorangan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah tahun 2018, Sabtu, 14 Oktober 2018.

Sosialisasi Pilgub Jateng 2018 yang berlangsung di Aula KPU Grobogan dengan narasumber Muslim Aisha dari KPU Provinsi Jawa Tengah dan dihadiri oleh Pemerintah Kabupaten Grobogan, Polres Grobogan, Kodim 0717 Purwodadi, Panwaskab, Ormas, OKP, Osis, dan Media.

Komisioner KPU Jateng Muslim Aisha mengajak masyarakat untuk lebih cerdas dalam mengikuti pesta demokrasi yang digelar pada 2018 dan 2019 nanti. Dengan mengusung tagline, “Becik Tur Nyenengke” masyarakat yang memenuhi syarat didorong untuk ikut berpartisipasi dalam perhelatan Pilgub Jateng termasuk menjadi calon perseorangan.

‘Peserta Pilgub terdiri dari 2 peserta yaitu calon yang disusung oleh parpol/gabungan parpol dan perseorangan. untuk perseorangan sampai saat ini sudah ada beberapa tokoh masyarakat di jawa tengah yang bertanya-tanya ke KPU Provinsi terkait persyaratan perseorangan.’ tambah muslim.

”KPU Jateng telah menetapkan jumlah minimal dukungan yang wajib dikumpulkan calon dari jalur perseorangan itu, yakni 1.781.606 orang. Bentuk dukungan harus dilengkapi  dengan pernyataan dukungan dan fotokopi KTP elektronik atau surat keterangan dari para pendukungnya,’’ jelasnya.

Syarat minimal dukungan itu diperoleh berdasarkan total jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pada Pilkada 2015, Pilkada 2017, dan Pilpres 2014 di Jateng, yang mencapai  27.409.316 pemilih.

Berdasarkan pada PKPU No. 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati atau Wali Kota dan Wakil Walikota Tahun 2018, jika  jumlah DPT terakhir lebih dari 12 juta pemilih, maka wajib dikalikan 6,5 persen untuk mendapat jumlah dukungan bagi calon perseorangan.

”Selain syarat minimal, jumlah dukungan itu wajib tersebar di 50 persen wilayah Jateng atau sekitar 18 kabupaten/kota. Syarat dukungan paslon gubernur dan wakil gubernur dari jalur perseorangan itu wajib diserahkan ke KPU Jateng pada 22-26 November,” ujarnya.

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *