KPU Grobogan adakan Sosialisasi Pendaftaran Parpol Pemilu Tahun 2019

KPU Grobogan pada Hari Senin (2/10) bertempat di Hotel Grand Master adakan Sosialisasi Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Anggota DPR dan DPRD Tahun 2019. Dalam kesempatan itu hadir 13 (tiga belas) Pimpinan Partai Politik di Kabupaten Grobogan termasuk 2 (dua) partai baru yaitu Partai Perindo dan Partai Berkarya. Pelaksanaan Sosialisasi ini mendasarkan pada Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 dan Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2017 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Anggota DPR dan DPD.

Pendaftaran Pertai Politik peserta Pemilu Tahun 2019 di mulai tanggal 3 s/d 16 Oktober 2017, khusus hari Senin tanggal 16 Oktober 2017, KPU Grobogan menunggu sampai dengan pukul 24.00 wib, kami berharap seluruh partai calon peserta pemilu Tahun 2019 dapat menggunakan waktu ini dengan sebaik-baiknya. “Kata Afrosin.

Terkait dengan kondisi itu, Afrosin meminta agar Partai Politik memperhatikan beberapa poin dalam proses pendaftaran tersebut. Antara lain, dokumen-dokumen yang diserahkan misal daftar nama anggota Parta Politik, fotocopy KTA dan e-KTP atau surat keterangan. ‘tambah Afrosin.

Komisioner KPU Divisi Hukum, Laila menambahkan syarat partai politik untuk menjadi peserta pemilu tahun 2019 antara lain memiliki kepengurusan di seluruh daerah provinsi, memiliki kepengurusan paling sedikit di 75% jumlah daerah kabupaten/kota, memiliki kepengurusan paling sedikit di 50% jumlah kecamatan di daerah kabupaten/kota yang bersangkutan, memiliki anggota paling sedikit 1.000 (seribu) orang atau 1/1.000 (satu perseribu) dari jumlah Penduduk yang dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Tanda Anggota dan Kartu Tanda Penduduk elektronik atau Surat Keterangan di provinsi yang bersangkutan, dll.

Dalam tahapan pendaftaran calon Peserta Pemilu Tahun 2019 ini. KPU RI menggunakan sistem Sipol yaitu Sistem Informasi Partai Politik, yang nantinya masing-masing parpol akan di berikan user id untuk masuk ke Sipol. dan parpol sebelum mendaftar wajib untuk memasukkan data ke Sipol. ‘Tambah Laila. (DAS)

 

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *