KPU Gandeng PT Pos Untuk Pengiriman Logistik Pilkada

Berkaitan dengan pendistribusian logistik Pilkada 9 Desember mendatang pihak KPU menggandeng kerjasama dengan PT POS setempat. Hal itu dilakukan karena BUMN ini sudah sangat berpengalaman dalam bidang ekspedisi. Untuk pengiriman logistik ini juga mendapat pengawalan dari pihak kepolisian.

“Selain sudah jadi bidang tugasnya, PT POS juga memiliki armada yang memadai untuk mengangkut logistik ke tiap kecamatan. Dalam beberapa penyelenggaraan pemilu sebelumnya, kita juga menggandeng PT POS dalam penyaluran logistik ke kecamatan. Setelah selesai Pilkada, PT POS nanti akan mengangkut lagi logistik ke KPU,” jelas Ketua KPU Grobogan Afrosin Arif.

Untuk pengiriman logistik ke tingkat PPS atau desa, teknisnya diserahkan pada masing-masing PPK. Pihak KPU menekankan pada PPK agar pengiriman logistik bisa terjamin keamanannya.  Logistik yang sudah sampai di PPK antara lain, kotak dan bilik suara, ATK, tinta, alat dan alas pencoblosan, serta formulir-formulir.

Menurut Afrosin, semua logistik sudah disalurkan semua ke PPK, kecuali surat suara. Untuk surat suara, akan dikirimkan setelah penyortiran dan pelipatan selesai dilakukan.

“Untuk surat suara semuanya sudah dikirim ke KPU dari percetakan hari Sabtu (14/11) lalu. Setelah selesai secepatnya akan kita distribusikan ke PPK,” terangnya.

Afrosin menyatakan, jumlah surat yang dikirim dari PT Pura Kudus totalnya sebanyak 1.092.551 lembar yang dikemas dalam 275 boks. Rinciannya, sebanyak 1.090.551 lembar untuk kebutuhan Pilkada nanti. Sedangkan 2.000 lembar lagi disiapkan khusus jika ada pemilu ulang yang harus dilakukan.

Selain surat suara, mobil boks yang mengangkut logistik juga berisi segel dan hologram. Jumlah segelnya ada 72.554 lembar yang dikemas dalam tiga boks. Kemudian, hologramnya sebanyak satu boks berisi 7.014 lembar. (DAS)

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *