Anggota PPS Dilatih Tata Cara Pemungutan dan Penghitungan Suara

Para Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-kabupaten mendapat bimbingan teknis mengenai tata cara pemungutan dan penghitungan suara dalam Pilkada mendatang. Pembekalan buat PPS yang dilakukan di tiap-tiap kecamatan itu dipandu anggota KPU Grobogan dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) setempat.

“Bimtek buat PPS ini digelar selama sepekan hingga Sabtu (7/10) mendatang. Setelah ini, para PPS nantinya akan memberi pembekalan serupa bagi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS),” kata Ketua KPU Grobogan Afrosin Arif.

Afrosin menyatakan, proses pemungutan dan penghitungan relatif sama dengan pelaksanaan pemilu sebelumnya. Meski begitu, ia meminta agar anggota PPS benar-benar teliti, cermat dan hati-hati saat melakukan proses pemungutan dan penghitungan suara. Hal itu perlu dilakukan guna menghindari kesalahan dalam rekapitulasi di PPK.

Terkait dengan kondisi itu, Afrosin meminta agar anggota PPK memperhatikan beberapa poin utama dalam proses penghitungan dan rekapitulasi itu. Antara lain, memperhatikan dengan baik jumlah pemilih yang menggunakan hak pilih harus sama dengan jumlah surat suara yang digunakan. Baik suara yang sah maupun tidak.

Kemudian, apabila ada kesalahan penulisan data dalam formulir C1, maka pembetulannya dilakukan dengan cara dicoret dan diparaf oleh petugas KPPS dan saksi pasangan calon.

“Kami juga meminta agar kolom-kolom kosong yang tidak terisi data angka agar diisi dengan tanda silang (x). Kemudian, penulisan jumlah surat suara harus dilakukan sesuai fakta yang ada, jangan disamakan dengan jumlah DPT,” tegas Afrosin. (DAS)

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *