KPU Grobogan Gelar Rapat Pleno Terbuka Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon

KPU Grobogan Selasa (25/8) melangsungkan tahapan pengundian nomor urut pasangan calon peserta Pilkada 9 Desember mendatang. Acara pengundian itu dilakukan dalam rapat pleno terbuka yang dipimpin Ketua KPU Grobogan Afrosin Arif.

Ikut hadir dalam kesempatan itu, Bupati Grobogan Bambang Pudjiono, Kapolres Grobogan AKBP Indra Darmawan Iriyanto, Sekretaris Daerah Grobogan Sugiyanto dan pimpinan FKPD lainnya. Hadir pula Ketua PanwasKab Grobogan Agus Purnama didampingi dua anggota lainnya.

Pasangan Icek Baskoro-Sugeng Prasetyo dalam acara itu mendapat kesempatan pertama memilih tabung yang didalamnya ada nomor undiannya. Berikutnya giliran pasangan Sri Sumarni-Edy Maryono yang mengambil jatah undian. Kedua pasangan kemudian diminta membuka bersama-sama nomor yang ada dalam tabung tersebut.

Setelah dibuka, pasangan Icek-Sugeng mendapatkan nomor urut 1. Sementara pasangan Sri-Edy mendapatkan nomor urut 2. Kedua pasangan ini terlihat cukup puas dengan nomor yang didapatkan dalam undian tersebut.

Usai pengundian nomor urut, acara dilanjutkan dengan pembacaan ikrar pilkada damai oleh pasangan calon yang dipandu oleh Ketua KPU Grobogan .

Setelah pembacaan ikrar, kedua pasangan calon secara bergantian menyampaikan visi, misi dan program yang diusung dalam Pilkada. Sesuai nomor urut yang didapat, pasangan Icek-Sugeng mendapat giliran pertama dan pasangan Sri-Edy giliran kedua. Masing-masing pasangan diberi kesempatan memaparkan visi, misi dan program selama 10 menit.

Sebelum acara penyampaian visi misi, Kapolres Grobogan AKBP Indra Darmawan Iriyanto secara simbolis menggelar serah terima pengawal dari kepolisian buat pasangan calon peserta Pilkada 9 Desember mendatang. Masing-masing calon akan mendapat pengawalan dua personil.

Pengawal ini akan bertugas 24 jam mendampingi aktivitas calon. Selain itu, Ketua KPU Grobogan juga mendapat pengawalan. Personil yang bertugas melakukan pengawalan melekat itu sebelumnya sudah menjalani serangkaian seleksi dan pelatihan.

“Perintah pengawalan melekat buat Ketua KPU seluruh Indonesia yang menggelar Pilkada serentak baru saja turun dari Mabes Polri. Sebelumnya, pengawalan melekat ini memang buat pasangan calon peserta pilkada saja,” tegas kapolres.

Selanjutnya, pasangan calon masih melakukan rangkaian acara lagi. Yakni, pawai keliling kota sebagai salah satu upaya sosialisasi pada masyarakat.

Pawai simpatik mengambil start dari depan kantor KPU Grobogan kemudian menuju ke Jalan DI Panjaitan – Hayam Wuruk – Dr Soetomo – R Suprapto – Ahmad Yani ­- Kyai Busro­ – Getas Pendowo – Brigjen Katamso – MT Haryono, Slamet Riyadi – Jenderal Sudirman dan berakhir lagi di tempat pemberangkatan.

Untuk menghindari kemacetan lalu lintas, KPU Grobogan membatasi peserta pawai. Yakni, masing-masing tim kampanye maksimal hanya boleh menggunakan paling banyak 15 mobil.

Ketua KPU Grobogan Afrosin Arif mengatakan, pihaknya merasa lega karena semua rangkaian acara yang dijadwalkan berjalan aman. Dia berharap, hingga pelaksanaan Pilkada nanti, semua kegiatan bisa dilakukan dengan lancar.

“Saya bersyukur sekali karena segala sesuatunya berjalan sesuai rencana. Selanjutnya, tahapan Pilkada berikutnya adalah berupa kampanye bagi pasangan calon yang akan dimulai 27 Agustus hingga 5 Desember mendatang,” katanya. (DAS)

 

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *