KPU Grobogan Gelar Rakor Kampanye dan Pembatasan Dana Kampanye

KPU Grobogan, Selasa (18/8) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan kampanye bersama dengan Tim Kampanye Pasangan Calon, Partai Politik, Kesbanglinmas, Satpol PP, Perizinan, dan Kepolisian di Aula KPU Kabupaten Grobogan. Adapun agenda Rakor adalah membahas persiapan pelaksanaan tahapan kampanye yang akan mulai dilakukan 27 Agustus mendatang serta pembatasan dana kampanye.

Ketua KPU Grobogan Afrosin Arif dalam rakor menyatakan, untuk pelaksanaan Pilkada 9 Desember mendatang pihaknya sudah mengalokasikan dana sebesar Rp 1 miliar lebih guna pembuatan Alat Peraga Kampanye (APK) pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati. Untuk mengenalkan atau sosialisasi pasangan cabup dan cawabup peserta Pilkada, KPU Grobogan akan membuat alat peraga kampanye.

Alat peraga kampanye dan bahan kampanye antara lain berupa pamflet sebanyak 495 ribu lembar dan 10 ribu poster. Selain itu, pembuatan baliho ukuran maksimal 4 x 6 meter di lima titik pemasangan yang sudah ditentukan. Disamping itu, tiap Desa/Kelurahan akan di pasang APK spanduk di lokasi strategis. Dan APK umbul-umbul juga disiapkan untuk ditempatkan di 380 titik lokasi pemasangan. Untuk pemasangan sarana sosialisasi itu akan dilakukan pihak KPU.

“Jadi untuk sarana sosialisasi pada Pilkada kali ini akan disediakan pihak KPU. Pelaksanaan kampanye akan dimulai 27 Agustus dan diawali pemasangan APK oleh KPU,” terang Afrosin.

Terkait dengan hal itu, Afrosin meminta kepada semua Tim Kampanye agar tidak mencetak sendiri alat peraga kampanye dan bahan kampaye dalam bentuk seperti yang sudah disediakan KPU Grobogan. Yakni, berupa pamflet, poster, baliho, spanduk, dan umbul-umbul. Jika hal itu dilakukan maka termasuk pelanggaran dan bisa berimbas dibatalkannya keikutsertaan pasangan calon tersebut dalam Pilkada.

“Selain membahas pelaksanaan kampanye tersebut, kami ingatkan kepada masing-masing Tim Kampanye untuk menyampaikan laporan awal dana kampanye (LADK) paling lambat tanggal 26 Agustus 2015.” imbuhnya. (DAS)

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *